Desa Ngadirejo

Kecamatan Tugumulyo - Kabupaten Musi Rawas

Pembakar Lahan Siap-Siap Dipenjara 10 Tahun dan Denda Rp 15 Milyar, Polres Musi Rawas Gelar Simulasi

MUSIRAWAS - Kapolres Musi Rawas, AKBP Efrannedy, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Dia menegaskan, jika dilanggar, maka ancaman hukumannya cukup berat, yaitu 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 15 miliar.

"Aturan itu sudah tertuang di dalam UU 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup," kata Efrannedy, Sabtu (20/6/2020).

Terkait dengan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Musi Rawas, pihaknya sudah memimpin apel siaga gelar pasukan dan simulasi pencegahan karhutla di PT Musi Hutan Persada (MHP) Unit 15.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas dengan diikuti seluruh stake holder terkait, pada Jumat (19/6/2020).

Dikatakan Efrannedy, kegiatan simulasi digelar guna mengantisipasi perubahan musim dan kesiapan menghadapi karhutla khususnya di Kabupaten Musi Rawas.

Sebab, berdasarkan prediksi dari BMKG, musim kemarau akan masuk pada bulan Juni sampai dengan September tahun 2020.

"Melalui kegiatan simulasi karhutla ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur kedepannya apabila terjadi karhutla di wilayah kita.

Kesiapan kita baik dari personil maupun perlatannya. Apalagi saat ini negara kita sedang dilanda pandemi Covid-19, maka dengan ini agar kita tetap kompak dalam menghadapi permasalahan yang menjadi atensi dari pemerintah," katanya.

 

Sumber : SRIPOKU