Desa Ngadirejo

Kecamatan Tugumulyo - Kabupaten Musi Rawas

Sejarah Desa

Sejarah Singkat Pembentukan Desa Ngadirejo

Awal kisah lahirnya Desa Ngadirejo, berawal dari kedatangan atau kehadiran kelompok keluarga yang berasal dari pulau Jawa, tepatnya berasal dari daerah Kulon Progo (DIY) pada tahun 1937 menuju ke suatu wilayah didaerah Tugumulyo. Kedatangan kelompok ini tentu saja dipimpin oleh seorang Ketua Rombongan, yang bernama Bapak Sentro Sentono. Adapun tujuan rombongan keluarga ini tak lain dan tak bukan untuk membuka lahan yang waktu itu disebut dengan istilah "Rintis", berupa lahan persawahan dan pekarangan.

Ibarat pepatah mengatakan "Dimana ada gula, disitu ada semut". maka seiring berjalannya waktu dan 2 (dua) tahun kemudian, maka berdirilah suatu Pemerintah Dusun yang kala itu disepakati mengangkat Bapak Setro Sentono sebagai Kepala Pemerintahan. Dan untuk membatu tugas-tugas beliau, maka dibantulah oleh beberapa orang yang kala itu disebut Mudin (sekarang P3N) dan juga Ulu-ulu serta Byan (Kadus), Carik (Sekdes) atau Kamituo.

Adapun sejarah perjalanan Pemerintahan di Desa Ngadirejo diawali dengan dipilihnya Kepala Desa Ngadirejo yang Pertama bernama "Mangun" dan setelah habis masa jabatannya, beliau digantikan oleh bapak Setro Sentono dan berlanjut secara berurutan digantikan oleh Sastro Diharjo, Karso Slamet, Daliman, Sumi Harjo, Sarwo Basuki, Irfan Saventri, Sujarwo dan Edy Suhendro yang masih menjabata sampai tahun 2021